Politics It’s All Around You

Rezkyro Poltak Samuel Pasaribu
2 min readJan 24, 2023
Photo by Felix Mooneeram on Unsplash

Kalau kalian suka nonton ke bioskop pasti pernah denger audio sistem dari dolby trus ada kata kata “all around you”. tapi memang benar suara kalau nonton di bioskop tuh sangat terkonsentrasi dan ada terminologi nya “surround sound”

Tapi bukan “surround sound” yang sebenernya mau saya angkat dalam tulisan ini.

Kata kata “all around you” itu juga berlaku pada politik. jika kalian lihat lebih dalam, hidup kita itu pasti ada irisan irisan politiknya jika memang kita berada dalam suatu kelompok sosial seperti teman,keluarga, ataupun dalam lingkungan pekerjaan ataupun organisasi.

mengapa begitu? mari kita lihat kembali definisi dari Politik itu sendiri. Politik adalah kumpulan aktivitas yang terkait dengan pengambilan keputusan dalam kelompok, atau bentuk hubungan kekuasaan lainnya di antara individu, seperti distribusi sumber daya atau status.

Dengan definisi tersebut secara tidak sadar kita melakukan “kegiatan politik” dalam kehidupan sosial kita. Coba dengan menekankan kalimat“pengambilan keputusan dalam kelompok”, dengan contoh kalian dan teman teman ingin pergi ke suatu tempat. kalian melakukan voting yang akan disetujui dan akhirnya akan bertemu di tempat tersebut. tetapi dalam proses voting tersebut pasti ada alasan alasan atau pertimbangan seperti jarak tempuh, harga, tipe makanan dsb.

Dalam lingkup pekerjaan juga sering sekali terjadi, seperti siapa yang mendapatkan promosi jabatan atau mengapa dia mendapatkan jabatan tersebut, atau seperti mempengaruhi kolega kolega kantor untuk mendapatkan keputusan yang kalian mau.

Banyak sekali pemikiran yang salah terhadap politik, politik itu tidak selalu tentang pemerintahan. mungkin banyak yang melihat lingkupnya yang luas. Tetapi tidak mengerti akan arti istilah tersebut.

saya sering menanyakan teman-teman saya dan banyak yang mengatakan “politik itu ribet” atau “gw gak peduli dengan politik” tetapi sebenarnya mereka melakukan itu kegiatan politik setiap hari.

Lebih baik lagi jika kita mengerti fungsi politik dalam berkelompok apalagi bermasyarakat bahwa pentingnya memilih sesuatu dan juga akibat dari pemilihan keputusan tersebut.

Kalau kalian bisa memilih dan mengambil keputusan dalam berkelompok, baiknya prinsip tersebut juga diterapkan saat pemilihan wakil rakyat nanti.

politik itu “all around you”

--

--

Rezkyro Poltak Samuel Pasaribu

An Indonesian with massive interest in politics, Law, and pop culture.